Menjadi Profesional

21 Juni 2020 • Edwin Lunando

Kan kita sudah tahu, ternyata saat masuk ke tempat kerja, ternyata banyak sekali hal-hal baru yang sebelumnya tidak dikasih tahu atau diajari di masa sekolah. Yang pada akhirnya, perlu dipelajari sendiri, tunggu ditegur, atau digas dulu biar akhirnya paham hal-hal umum yang membuat seseorang profesional. Hal-hal yang aku maksud dengan profesional bukanlah hal-hal spesifik untuk ilmu engineering, seperti, membalas surel, memberi kabar kalau ada keperluan khusus, set ekspektasi, dan hal-hal lain yang membuat komunikasi dengan rekan kerja lebih efektif.

Persurelan

Yang paling umum banget dengan pekerjaan kantoran adalah manajemen surel. Entah, sampai sekarang pun, aku masih melihat ada yang tidak atau jarang baca email. Hampir semua transaksi pekerjaan atau bisnis itu menggunakan email sebagai media komunikasinya. Berikut merupakan kiat-kiat yang aku gunakan dalam penulisan dan pengiriman email.

Ada banyak gaya atau aturan menulis lain yang mungkin bisa cocok untuk mengekspresikan kamu, tapi pada akhirnya, selama penulisannya rapi dan jelas, itu sudah cukup, kok.

Rapat

Sebenarnya, aku tidak terlalu suka dengan rapat yang mengundang banyak orang, tapi memang perlu dilalui saja. Agar rapat bisa lebih efektif, yang pertama dilakukan adalah penjadwalan yang baik. Rapat merupakan usaha banyak orang yang meluangkan waktu di saat yang bersamaan. Tidak mudah.

Baru bahas penjadwalan saja sudah lumayan, ya?

Kerjaan

Mungkin aku bahasnya kerjaan spesifik yang tiba-tiba diminta sama siapapun lah. Walaupun sebenarnya tampaknya berlaku untuk semua jenis pekerjaan. Saat menerima pekerjaan, ada beberapa ekspektasi yang perlu eksplisit di awal.

Tentunya, masih banyak banget hal-hal yang bisa dilakukan agar kita bisa lebih efektif dan enak diajak kerja. Nanti akan ditambahkan, lah sedikit demi sedikit. Toh, aku sendiri juga belum sangat disiplin dalam menjadi seorang pekerja kantoran. Ini sebagian dari yang aku ingin kejar.