• Beberapa bulan terakhir ini, saya lagi banyak kerjaan yang menggunakan spreadsheet, tepatnya Google Sheet. Layaknya keahlian-keahlian yang lain, di awal-awal saya menggunakan kakas spreadsheet ini, lambat sekali pengerjaannya. Contohnya, saya perlu membuat kolom baru saat...

    12 Juli 2020
  • Maafkan kalau judulnya terlihat galau, tapi seharusnya tidak kok. Semoga. Dari dulu sudah banyak membaca tulisan terkait cara menikmati hidup dan bertanya ke diri sendiri maunya ngapain aja di dunia ini, tapi belum merasa cukup...

    6 Juli 2020
  • Jadi, kemaren di linimasaku muncul tweet ini. Lu pada ngeselin banget bittersweet by najla udah diturunin dari 65 ke 50an, 75 ke 60an masih aja pada protes. Kalo gabisa beli yaudah diem kek lu. W...

    27 Juni 2020
  • Kan kita sudah tahu, ternyata saat masuk ke tempat kerja, ternyata banyak sekali hal-hal baru yang sebelumnya tidak dikasih tahu atau diajari di masa sekolah. Yang pada akhirnya, perlu dipelajari sendiri, tunggu ditegur, atau digas...

    21 Juni 2020
  • Kalau kamu pernah membaca tulisan-tulisanku, kamu tidak akan menemukan cerita pribadiku sendiri. Memang sengaja, pada awalnya aku menulis itu untuk latihan menulis dan mendokumentasikan ide-ideku terkait industri perangkat lunak yang ku dalami selama ini. Buatku,...

    19 Januari 2020
  • I am playing in the mean time and I cannot find a well written guide on my class and build. So, I will just write it ono by myself. Since classic Ragnarok, I liked to...

    9 September 2018
  • Salah satu kegiatan rutin yang ku lakukan setiap hari adalah membaca, menulis, dan menyimpan surel. Masih banyak komunikasi formal maupun informal yang menggunakan surel, kerjaan atau pun non-kerjaan. Walaupun moda komunikasi utama sekarang sudah berpindah...

    9 September 2018
  • Jadi, kira-kira bulan lalu gua lagi santai belajar bersama seseorang yang baru belajar pemrograman. Dia baru saja masuk jurusan informatika, dan ya, sama seperti orang lainnya yang baru belajar sebuah bidang yang luas dengan kurva...

    2 April 2018
  • Setelah musim turnamen DotA yang pertama jadi peserta, sekarang ku bantu-bantu jadi panitia untuk musim kedua. Dasarnya? Penasaran aja tentunya, karena ini bukan turnamen DotA profesional, bahkan skalanya lebih kecil dari amatir, cuma lokal satu...

    14 Febuari 2018
  • Sepanjang tahun 2017 ini, gua ngembangin aplikasi-aplikasi kecil yang fiturnya hanya ada 1 atau 2. Salah satunya itu adalah sebuah bot Telegram yang ngasih info hari ini sudah deploy aplikasi apa saja. Jadi, tiap kali...

    18 Desember 2017
1 dari 7 Selanjutnya